10 Jenis Hewan Peliharaan yang Mudah Dipelihara, Unik dan Lucu

Advertisement
Advertisement
Hewan Peliharaan- 10 Jenis Hewan Peliharaan yang Mudah Dipelihara, Murah, Unik dan Lucu. Hal ini sering dianggap bahwa anjing, kucing, ikan, burung pipit dan beo yang hanya pria sukai dari binatang. Bahkan, ada berbagai binatang lain yang dapat disimpan sebagai binatang peliharaan. Alasannya pun bermacam-macam. Ada yang suka memelihara karena hewan itu lucu, unik, cantik, imut, menggelikan, dan suka bermain. Namun ada pula yang memeliharanya karena langka, atau kekhasannya.

Lalu hewan apakah yang paling disenangi untuk dipelihara? Jawabannya tentu juga beragam. Bisa sama dengan hewan yang disukai, namun bisa pula berbeda dengan yang dipelihara. Baik orang dewasa maupun anak-anak tentunya mendapat banyak faedah. Ada orang sengaja memelihara hewan untuk mengurangi stress, mencegah alergi, menjadi pribadi yang lebih baik, menjadikannya sebagai sahabat, dsb. Nah, dari sekian banyak jenis hewan, sedikitnya ada 10 jenis hewan yang suka dipelihara dan aman jika dirawat anak-anak. Berikut ini ke-10 jenis hewan yang paling digemari dan aman untuk dipelihara di rumah.

http://menit9.blogspot.com/2016/08/10-jenis-hewan-peliharaan-yang-mudah.html
10 Jenis Hewan Peliharaan yang Mudah Dipelihara

10 Jenis Hewan Peliharaan yang Mudah Dipelihara | Unik dan Lucu


1. kucing

kucing disebut dengan kitty atau kitten. Dari namanya saja, kita sudah bisa membayangkan betapa kiyut-nya hewan yang satu ini. Ketika lahir, anak kucing memang tak berdaya dan sangat bergantung pada induknya.

Ketika dia sudah melewati fase selama dua pekan, perkembangan pesat akan terjadi. Dia jadi lebih berani untuk mengeksplor dunia, di luar dari “sarangnya” yang nyaman. Untuk anak kucing domestik, umumnya mereka berjiwa sosial tinggi. Keberadaan manusia sebagai teman sangat mereka nikmati.

Perkembangan mereka, baik dari segi kekuatan maupun sistem koordinasi, berlangsung dengan cukup pesat. Mereka gemar bertikai dengan sesama, mulai menjelajah, belajar “mandi” sendiri dengan menjilat-jilat badannya, bermain “stalking”,berburu mangsa, dan mulai menunjukkan skill bawaannya sebagai seorang predator.

Ketika masih sangat belia, disarankan kalau kitten ini sering berinteraksi dengan induk atau teman sepermainannya. Mereka akan membantu sosialisasi dan perkembangan sikapnya.

2. Goldfish / Ikan Mas

Goldfish termasuk ikan air tawar. Hewan ini menjadi salah-satu ikan akuarium yang paling difavoritkan. Tampilannya menarik. Biayanya tak terlampau mahal, kecuali ikan mas tertentu yang terbilang istimewa, maka harganya bisa melangit. Tak ayal, banyak orang yang memilihnya sebagai hewan peliharaan. Mereka juga dinilai bisa belajar mengembangkan sikap, baik itu secara individu maupun kelompok.

Bicara tentang sosialisasi, ikan koki termasuk tipikal yang senang bergaul. Ikan ini digambarkan sebagai hewan yang ramah terhadap sesama, sehingga jarang ada yang terlibat dalam pertikaian. Hanya saja kita musti lebih sensitif kalau soal pembagian makanan. Persaingan untuk merebut makanan bisa cukup ketat dan panas.

3. Kelinci

Ini dia hewan manis, berbulu halus, dan memiliki cara bergerak yang lucu, yang sering menggoda kita untuk memiliki dan merawatnya. Namun dibanding dengan hewan lain dalam list, kelinci mungkin termasuk pilihan yang musti banyak dipertimbangkan, apalagi kalau hendak dijadikan teman anak-anak. Perlu kesabaran dan pengertian ekstra untuk memelihara mamalia kecil ini.

Hewan ini memang sensitif. Mereka bisa merasa stress dan sakit tatkala manusia mengangkatnya. Tak jarang kalau mereka kabur secepat kilat, menendang, atau mungkin mengancam dengan gigi kelincinya. Karena itu banyak anak yang ketakutan atau merasa bosan sebab tak kuasa berinteraksi fisik dengan mereka.

Di sisi lain, kelinci termasuk hewan yang jiwa sosialnya tinggi. Mereka menikmati keberadaan binatang lain atau manusia. Keunggulan lainnya mereka itu tidak berisik, cukup menyenangkan untuk sekadar dilihat, dan memiliki kepribadian unik. Hanya saja kita musti sabar dan memahaminya. Sebisa mungkin kita juga menghabiskan waktu di ruangan indoor bersama mereka.

4. Ayam

Jenis unggas yang satu ini sebenarnya lebih banyak dipelihara karena kebutuhan primer dalam jumlah yang sangat banyak. Mereka ini lebih pas disebut dengan peternak ketimbang pemelihara. Namun demikian, banyak pula masyarakat yang suka memelihara ayam di rumah-rumahnya dan hanya beberapa atau satu dua ekor saja. Ayam yang sering dipelihara mayoritasnya ayam jago. Namun bila lebih spesifik lagi, ayam yang dipelihara biasanya ayam ras seperti bekisar, Bangkok, dan lainnya.

5. Burung

Dibandingkan ayam, tampaknya masyarakat lebih suka memelihara burung. Burung yang dipelihara biasanya merpati atau dara, betet, cendrawasih, merak, kakatua, elang, nuri, pipit, dan lainnya. Masing-masing dipelihara karena keindahan suaranya, bulunya, matanya yang tajam, dan lainnya. Burung merpati atau dara, misalnya, karena keindahan suara atau kicauannya, terkadang harganya lebih mahal yang mentah dibandingkan sudah matang. Kalo sudah matang, paling mahal Rp 50 ribu. Itupun sudah tambah aneka makanan lainnya.

6. Kura-kura

Hewan dengan perawatan mudah dan umur panjang. Mereka adalah hewan yang membutuhkan cinta dan perawatan. Bagaimana mungkin orang tidak menyukai binatang kecil yang manis ini, yang tidak perlu banyak perawatan.

7. Marmut

Marmut juga cukup banyak dipelihara, terutama karena kelucuan dan kelincahannya. Tak jarang, mereka yang suka memelihara marmut mengikutsertakannya dalam sejumlah kontes, terutama lomba lari. Tapi sekencang apapun marmut lari, ia masih kalah dengan juara sprint seperti Usain Bolt. Namun demikian, banyak pula orang yang enggan memeliharanya karena geli atau takut. Sebab, bentuk tubuhnya mirip tikus, tapi bukan tikus got kok.

8. Lumba-lumba

Lumba-lumba di antara hewan peliharaan lucu yang Anda harus menjaganya. Hewan ini memiliki sikap yang ada dan menjadi manusia-friendly dalam waktu singkat. Hewan laut dalam ukuran dan berat besar. Jika Anda berencana untuk menjaga lumba-lumba, pastikan Anda memiliki kolam air besar atau kolam renang untuk mereka.

9. Hamster

Hamster adalah hewan peliharaan lucu yang Anda harus menjaganya. Hewan ini bisa menjadi teman terbaik untuk anak-anak Anda. Mereka sangat mudah untuk dirawat dan memerlukan area hijau alami untuk bertahan hidup. Menangani mereka dengan perawatan dan kasih sayang.

10. Bebek

Bebek adalah berbagai jenis, seperti bebek putih. Hewan ini tidak hanya lucu tapi juga ramah manusia. Bebek dapat disimpan di rumah dengan mudah karena mereka juga sangat sosial dan mendapatkan terpasang ke pemiliknya dengan nyaman.


Source: Hewan Peliharaan, hewan peliharaan yang mudah dipelihara, jenis hewan peliharaan, jual hewan peliharaan, hewan peliharaan murah, hewan peliharaan unik, hewan peliharaan lucu, manfaat hewan peliharaan, hewan peliharaan kucing, hewan peliharaan anak kecil, hewan peliharaan anak kost, hewan peliharaan murah.

Advertisement